RSS Feed

Wednesday, January 06, 2010

Nothing Happens by Chance

That’s the old quote which really catches on me. Well…meski kadang kalo nemu sesuatu yg kebetulan teh masih suka yg ngerasa weird2 gimanaa gitu, but that’s all fact, bukan sesuatu yg unreal. Kemudian saya jadi bertanya2 sendiri, ini teh kebetulan doang, or ada somethin’ behind it ya??

Hmm…dipikir2, emang ga ada yg kebetulan juga, secara Alloh teh udah ngatur sesuatu dengan sebaik2nya, tanpa cela, and everything happens for a reason. Cuma ya itu, sometimes kita ga ngerti apa ya yg ada di balik kejadian yg kita alami itu.

Pertandakah?? Peringatankah?? Ato apa yah?? Aahh…yg jelas mah, semua itu teh sesuatu yg bisa diambil pelajaran or hikmahnya, biar kita2 teh makin lihai di kehidupan yg kita jalani ini. Hahaii…so mature bgt sih si saya teh…

Back to the main discuss…hmm sebenarnya ada pengalaman 2 org teman yg asli bikin saya ternganga, ga percaya, try to denying it but didn’t work at all. Once more time ini fakta bukan rekayasa manusia. Nih saya ceritakan ya…

Once upon a time…there were two charming young people with their enthusiasm of life…(hahaha beginning-nya udah kaya fairy tale ajah)

***
-negeri di utara bumi, jam4 pagi waktu setempat, 25 Desember-

Malam natal, saat kebanyakan penduduk negeri merayakannya, ia dan beberapa mahasiswa pendatang lainnya diundang ke salah satu rumah warga Indonesia yg bermukim disana untuk dinner, sambil silaturahim juga sepertinya, mumpung besoknya juga libur.

Selesai dinner, berbincang2 agak lama menghabiskan malam, kemudian beberapa fellows memutuskan untuk istirahat. Tapi ia merasa matanya tak jua bisa terpejam. Akhirnya memutuskan untuk online, di sebuah sofa di salah satu ruangan hunian tersebut, sambil merasakan dinginnya winter yg belum juga mereda.

***
-tanah di timur katulistiwa, jam11 siang lebih sekian menit, 25 Desember-

Libur natal kali ini ia memutuskan untuk tidak pulang ke kota halaman. Meskipun ada cuti bersama, tapi 4 hari dirasa tak cukup untuk bersantai2 dirumah bersama keluarga, selain perjalanan pulang yg cukup panjang, tugas2 pun masih perlu ia prioritaskan. Jadi…she decided to keep staying ajah kali yaa…

Cashier: ini kembaliannya mba, dan ini nomor undian yg bisa ditukar dengan barang di stand depan, terimakasih sudah berkunjung…

She: oh iya mba, makasih

Sambil membawa belanjaan ia kemudian mengamati kupon undiannya, bertuliskan 8 digit nomor yg alamaak banyak kali…bisa2 lumutan kalo gue tunggu, batinnya. Tapi lalu ia memutuskan menunggu sejenak, buat seru2anlah, di kosan juga hanya bengong2 aja.

Akhirnya, ia membuka leptop, menunggu waktu sambil browsing. Aktifkan YM dan menulis di status: 123030**…banyaak sangaadd

***
-both of them met by chance-

Tiba2…

He- : Eh..eh..

She : yaa

He- : Itu nomer ap bu?

She : yg mana?

He- : Yg d status

She : owh no undian tuh, beuh nunggunya berapa lama yak?? cabbe daah

He- : Terus?

She : terus?? kaya tukang parkir aja pa, ga terus menerus

He- : Impossible !!!

She : kok impossible??

He- : Ga mungkin itu nomer ujian..

She : lho sapa bilang no ujian, coba dibaca lagi tuh atasnya
sekali lg, itu nomor UNDIAN bukan ujian

He- : No...no...

She : ada yg salahkah??

He- : Impossible...

She : kok impossible seeh?? meneketehe yaa, org dapet di struk belanjanya segitu kok

He- : Coba tulis nomerny bu. Biar sy jelasin..

She : 123030** jelasin?? emang perlu penjelasan kah?? u made me confuse sir

He- : Angka itu ad di kampus gajah duduk.

She : terus??

He- : Angka 1 di awal itu..Maksudny s1
Angka 2 itu fakultas ilmu kebumian..
3 itu teknik geofisika..

She : wait wait, maksudnya??

He- : 03 itu nunjukan angkatan..

She : owh owh i see, semcam nomer mahasiswa gitu??

He- : Dan 0** itu nomor urut mahasiswa..Itu nomer induk mahasìswa sy..

She : hah?? jadii?? kok iso sih??

He- : Itu lah..Sy ga pcy jg
Hehe..Itu NIM sy..

She : walah walah...daku sampe tanya sebelahku iki supaya liatin nomornya
khawatir salah, ini bukan salah daku lho pa, sory dory mory

He- : Haha..bukan bgitu bu..Cuma heran aj..What a strange..Kok bisa ya?...
ibu pula yg dpet..Pas d tulis dstatus pula..Pas sy ol pula..
Pdhl ini jam4 pagi..hehe..

***
OMG!!

That was the only word yg bisa saya keluarkan saat mendengar cerita itu. Ga ada yg lain. Pernah saya melontarkan tanya, “Kok bisa yaa?? Knp perempuan itu?? Knp jg harus lelaki yg itu?? Knp mereka coba?? Apakah ini a sign buat mereka?? It seems weird and unbelievable.” Ga logic gitu ya. Tapi kemudian satu hal dari sekian banyak hal yg bisa saya lihat maknanya adalah, bahwa terkadang manusia tak mampu menebak logika.

Kemudian saya berpikir, sangat salah rasanya jika saya sudah menganggap diri saya ini paham tentang logika. Sebab saya menyadari ada hal2 yg tak mampu dilogikakan. Ada variabel2 tak terukur yg berperan disana. Sejago apapun seseorang soal logika matematika, saya yakin, suatu saat dia akan menemui satu titik dimana logika manusia tak akan mampu mengalahkan logika pencipta logika itu sendiri. Sebab ada banyak hal yg tidak kita ketahui yg Alloh ciptakan. But HE knows what HE did.

“Alloh menciptakan apa yang kamu tidak mengetahuinya…” (An Nahl (16), 8)


Aahh Tuhan…semakin saya menundukkan kepala ini padaMU atas apa2 yg tak saya ketahui tapi masih saja saya merasa tahu dan saya berlindung dari kesombongan macam itu. Untuk semua yg tak saya pahami, tapi saya percaya bahwa KAU meng-ada-kan setiap kejadian agar saya bisa lebih banyak belajar mempertajam rasa dan mengasah nalar.

Terima kasih, terima kasih Tuhan...

No comments:

Post a Comment