RSS Feed

Tuesday, November 03, 2009

Bapak Tua dan Data


22 Oktober 2009, 21.45

Entah sudah berapa kali saya melihat bapak tua yg rambutnya sudah memutih semua itu duduk memojok di tempat yg sama. Di salah satu sudut di depan sebuah tempat, sebut ajahlah ya namanya, tapi bukan promosi lho: Alfamart.

Duduk dengan posisi yg sama tiap kali saya mengunjungi Alfa, menghadap ke jalan sambil menopangkan dagunya di salah satu tangannya yg saya lihat hampir berkerut2 semua (yaiyyalah namanya juga bapak tua, salah satu indikatornya adalah keriput). Menunggui dengan sabar rak sederhana tempat bertumpu bola2 balon warna-warninya yg tak kunjung habis.

Sekali dua kali saya hanya lewat saja, paling menengok sebentar lalu jalan lagi. Ada niat untuk membeli, tapi buat apa, ga urgen juga buat saya, lagi pula saya ga punya anak kecil atau kenalan anak kecil yg bisa saya kasih bola itu seandainya saya beli. Dan saya juga berpikir kenapa org2 juga ga berminat sama apa yg bapak tawarkan, secara udah ketinggalan jaman juga mainan kayak begitu. Apalagi anak2 jaman sekarang mainannya udah yg canggih banget, berbasis program2 komputer baik berupa game, ps, dan lain2 sejenis itu. Poko’e menggunakan pendekatan ICT-lah…


Ceritanya malam itu ada data yg belum lengkap yg harus saya olah untuk bahan makalah, ga memungkinkan untuk bisa online di kosan, anak ibu kost yg biasa ditebeng juga lagi ga ada di tempat, jadi ya…mau ga mau mesti jalan ke luar komplek nyari warnet, meski saat itu keadaan saya benar2 lelah sangaaddh. Satu jam di warnet beres, kemudian pulang, tapi berencana mampir ke Alfa untuk beli susu cair dan roti untuk cemilan malam krn rencananya mau bergadang juga.

Mendekati Alfa, rak bola si bapak sudah saya lihat terlebih dulu ketimbang bapaknya. Perlahan, mendekat dan saya baru bisa melihat bapak pas ketika saya hendak berbelok ke pintu masuk Alfa. Seperti biasa bapak sedang menopang dagu. Saya perhatikan sekilas pandangan bapak mengikuti arah kendaraan yg berlalu lalang di jalan di hadapannya. Uuughh bapak, kamu mengingatkan saya sama almarhum mbah kakung yg udah passed away…hiks…hiks…

Di dalam Alfa pikiran saya ga fokus. Malah keingetan si bapak tua di luar tadi. Kemudian saya jadi berpikir, saya melihat lagi ke dalam hidup saya, ya Alloh betapa beruntungnya saya. Saya masih muda. Masih bisa melakukan sesuatu yg saya inginkan. Saya ga harus jualan di pinggir jalan (berharap kelak ketika tua pun tak seperti itu). Saya bisa sekolah dari mulai TK sampai S2 sekarang. Saya ga kekurangan makan setiap harinya. Bisa beli apa yang mau saya makan. Ahh…macam2 yg saya pikirkan saat itu. Kesemuanya mengakhirkan saya pada suatu kata: bersyukur. Alloh, saya amat sangat bersyukur dengan hidup saya. Meski mungkin tak indah selalu. Tapi pun tak selamanya sedih melulu. Meski ga bisa menghindar dari yg namanya susah, tapi saya percaya setelah susah pasti ada mudah.

Saya meyakini bahwa semua yg terjadi di hidup seseorang selalu 2 berkebalikan. Dan mereka datang bergantian. Layaknya siang yg tidak akan terus siang, pun malam yg ga selamanya malam. Semuanya sudah Alloh atur dgn sebaik2nya, tanpa cacat, tanpa satu pihak terdzalimi. Itu saya rasa yg harus dipahami. Bahwa Alloh tidak akan lepas tangan dari hidup kita. Bahwa Alloh sudah mengatur rezekinya bumi dengan perkiraanNYA yg tepat, tidak akan pernah meleset. Lalu, yg harus saya lakukan di tiap2 bagian itu adalah

tetap bertahan, menjalaninya dan memahaminya sambil terus mencari jalan untuk bersyukur.

Kemudian dalam hati saya berkata, pokoknya pulang dari Alfa mesti beli tuh balon, terserah deh nantinya mo buat apa, yg penting beli.

“Pak, satunya berapa.” Tanya saya.

“Tiga ribu, mbak.” Jawab si bapak dgn dedet jawa yg khas bgt.

“Owh beli dua, pak.”

Padahal uang saya tinggal sisa 10 ribu lagi, jadi kalo beli bola dua, sisa total 4 ribu. Tapi…ga tau kenapa ada sebuah perasaan yg…aahhh sulit didefinisikan sama kata2, bisanya cuma dirasain. Dada saya sampai sesak, pengen nangis tapi malu, secara di pinggir jalan besar, banyak orang juga. Salah2 dikira anak ilang lagi, mana bawa bola yg ga diplastikin pula sebab bapak ga menyediakan plastik. Akhirnya jalan ke kosan sambil nenteng2 bola. Meski ditatapi aneh sama orang2 di jalan, tapi langkah saya tuh ringaaaan banget. Bahagia aja sebab kesampean beli bola balon bapak yg udah lama banget pengen dilakukan tapi banyak mikir. Ga tau deh tuh bola nantinya mau diapain.

Tiba di kosan, eehh ada ibu kos lagi sama cucunya, si mas dan si ade. Ahaa…diam2 saya sangat bersyukur melihat kedua bocah itu. Dengan wajah sumringah saya hampiri dua anak kecil itu, jongkok, dan bilang, “Adee…mau bola ga?? Niihh…buat mas sama ade yaa…”

Si mas sama si ade ngedeketin sambil senyum seneng khas anak2 gitu. Iihh lucu deh pokonya. Kemudian bola2 yg saya bawa tadi sudah berpindah tangan ke tangan2 mungil mereka. Ya Alloh…ada perasaan yg…ah…lagi2 ga bisa diungkap, cuma bisa dirasain aja. Akhirnya bola2 itu bermanfaat juga.

Sampai di kamar, masih dengan hati yg berbunga2, buka laptop, masukan flashdisk dan bersiap bekerja dengan data yg sudah saya punya. Tapi…OMG!!!

Masya Alloh…tiba2 ada perasaan geli tapi juga menyebalkan menyergap saya.

Data yg di warnet tadi belum saya save ke flashdisk!! Huff…hahaha, I was laughing then.
Ada kesal yg juga ga bisa diungkap sebetulnya, tapi…malam itu meski menyelesaikan makalah dengan data seadanya, saya bisa tidur dengan perasaan lega, sebab saya bisa melakukan hal yg ingin saya lakukan sejak lama: beli bola balon bapak tua itu. Daaaan…beruntung bola2 tadi langsung bisa bermanfaat sebab ada cucu2 ibu kos yg masih kecil2 itu dan seneng banget dikasih bola.

***

Alhamdulillah…makasih untuk hari ini Rabb…sebab KAU masih memberikan saya kesempatan untuk merasakan hal2 sederhana itu...

2 comments:

lelaki_semesta said...

owh ituh bapa2 tua yg kamu ceritain yah??
hmm...really poor, tapi sungguh dahsyat yah perjuangannya, itu teh demi keluarga tercinta lho...

jadi berpikir, smg aku bisa menghidupi dgn baik isteri dan anak2ku kelak =) (jangan ketawa lho!!)

dunia rina okta said...

yupz benul!!
wkwkwk...ups =)
ya udah kalo gitu ikut meng-amin-i saja

Post a Comment